Iklan

Rabu, 01 Juni 2011

Kuliner Homemade FAIL!

(Caution! Tolong pastikan mulut anda kosong/tidak diisi makanan saat membaca postingan ini. Karena postingan kali ini mungkin akan membuat kambuh diare, asam lambung, maag, kram perut, tidak nafsu makan, dll. Atas kerja samanya saya ucapkan "good boy/girl". Postingan kali ini disponsori oleh BLUE BAND dan BIMOLI)

Pas jaman gw SD-SMP, tiap hari minggu temen-temen gw pada autisan di depan TV, mata bagai tak berkedip bengongi Dragon Ball, Detective Conan, Doraemon, Sinchan, dkk. Gw juga nonton sih tapi jarang-jarang, soalnya emang dari kecil gw ga bisa bangun pagi (so sad...)

Tapi gw punya waktu sendiri buat pacaran sama TV kotak kecil merk Panasdingin. Kalo ga salah selasa-jumat, siang menjelang sore, gw tempelin Alteco di pantat gw dan duduk di sofa buluk di rumah gw dulu di kampung. Siap dengan tissue di tangan untuk mencegah mulut gw numpahin Asam Metanol. Gw terhipnotis, seakan masuk dimensi lain, dimensi dimana para Teletabis bebas bermain di lapangan rumput hijau ditemani mesin sedot wc debu hidup yang bisa menghisap tinja debu. Gw sudah gak sadar jadi penduduk bumi, gw fly.

Sampe mamaku dateng sambil ngedumel. Jiwa gw kembali ke tubuh, sadar kalo masih anak ingusan yang jarang dapet 80 pas matematika.

"Lagi-lagi nonton beginian, kamu ini cowok loh! Sana main bola di lapangan sama temen-temenmu!"

Oke, for the record mother, lapangan di kampung gw dulu udah dijajah sapi dan lapangan itu penuh dengan ranjau pupuk kandang. Jadi mau main bola bahaya banget, salah-salah kepeleset, trus pulang ke rumah sambil nangis, bukan karena lutut luka, tapi muka penuh cake coklat rasa tai sapi.

Secondly, acara yang gw tonton bukan sembarang acara, itu acara yang di-host-kan ibu Sisca Soewitomo (bener ga namanya gitu? lupa gw)


Semenjak pertama kali liat acaranya dia, gw langsung bertekad. Besok gw bakal bertapa di dapur! Tapi sayang itu cuma tekad doang, sampe sekarang gw tidur tetep di kamar mandi ranjang.

DUDE! That is SO GAY!


Oke, itu acara masak, trus gw cowok, so what? Buktinya sekarang kalo ke restoran-restoran yang masak pasti cowok, yang jadi juri di MasterChef kebanyakan cowok, ada Juno yang mirip Ariel sama Vinduck yang mirip guru Geografi gw. Trus yang satunya si Maringka perasaan gw pernah liat di iklan tepung. Oke, gak penting.

Speaking of which, gw nonton tu acara TV kapan hari.... LEBAY BANGET! Itu acara masak ato drama korea pedalaman?! Hiek! gak nafsu gw, kesan gourment-nya kurang.
Di depan 3 juri ada tumpukan bahan yang ditutup kain, semua peserta berdiri tegang di tengah aula. Musik makin dramatis, zoom in ke muka-muka peserta yang keringet dingin. Kain dibuka si Jonu. Zoom-in 300%. AYAM! Peserta ada yang ketawa lega, ada yang pelukan segala, ckckck. Trus ronde 2 juga sama. Kain dibuka. Zoom lagi. UDANG! ada yang nangis. WHAT THE FAKH?! Gw liat daging ayam ato udang di pasar gitu gak pernah bereaksi sama sekali. Masa lewat stand seafood langsung lompat-lompat, trus berlutut sambil nangis, triak "UDAANG!!! AKU LIAT UDAANG!!! HUHUHUUU, AKU GAK BISA PUNYA ISTRI!!!"
Plis deh, ketahuan banget banyak rekayasanya. Its only dead chicken meat people!

Oke, kembali ke topik.

Gw gak berkecil hati suka nonton acara masak pas masih kecil. Mulai SMP 2, gw mulai belajar masak. Di rumah biasanya ada pembantu yang masak, mama gw gak bisa masak soalnya. Gw akhirnya dapet ilmu di dapur rumah gw yang dulu. Yang buat nanak nasi namanya Rais Kuker, bahasa inggrisnya kulkas namanya Friser ato Refrigeratorr, alat-alat buat makan namanya Spun, Fok, Nayf, dan Sumfhit. Trus bahan-bahan yang musti ada di dapur itu Tepung, Minyak Goreng, Gula, Garem, Vitsin, Masako, Ajinomoto, Sasa, Blue Band, Bawang, dan Fire Extinguisher.

Oke. SMP 2 gw belajar teori dulu, praktek masih nol.

SMP 3 akhirnya bisa masak air. YES!
SMA 1 akhirnya bisa masak Pop Mie. YES!
SMA 2 akhirnya bisa masak Indomie. YES!
SMA 3 akhirnya bisa masak Sarimie dan MieSedap. YEAH! DOUBLE KILL!

Masuk kuliah... gw liat ke belakang... ya tuhan, gw goblok banget.... mie instant apapun cara masaknya sama dul!

Semester pertama, pulang kuliah gw liati mbak kos masak, trus coba-coba dikit. Akhirnya sekarang setidaknya gw bisa lebih hemat, keluar 50-60 rebu buat bahan masakan buat bertahan hidup 2 minggu.

Beberapa beberapa hari lalu, gw udah bertekad bakal masak sendiri buat makan malam. Gw pergi ke mini market terdekat, beli ayam nugget, telor, minyak goreng, keju cheddar, blue band, Oreo, ultramilk putih 2 kotak kecil dan biskuit Kong Ghuan. (buat ngemil santai juga. Haaah, gw suka banget oreo dan biskuit Kong Ghuan dicelupin minyak goreng susu)
Nyampe kos, gw langsung kasi tanda tangan gw ke semua barang yang gw beli, biar gak ketuker sama penghuni kos lainnya.
Telur udah gw simpen dengan rapi di Refrigeratorr, dan ayam nugget masuk Friser. Terus gw langsung ke G-Walk makan soto ayam. (lho?)

Ternyata mood buat masak baru nongol keesokan harinya. Gw kebanyakan makan siang, jadi gak gitu laper, mungkin cukup makan sebutir telur untuk malam ini.
Malem-malem, gw buka Refrigeratorr dan ambil sebutir telur. Gw mau bikin telur dadar aja.

Little eggs with my signature. Let see, who'll stuck in my tummy tonight. Muhaha >:D

Proses masak berlangsung lancar, thanks to mbak kos atas kuliah kuliner dadakan dan pengalaman bermain kompor gw dari SMP 3 - SMA 3. Gw sok nge-flip telor, hey, lebih mudah dari yang gw bayangi, gw flip lagi sampe ketagihan dan sadar kalo telor gak bakal mateng kalo panci gak nyentuh api.

Dan voila! Sebuah telur dadar bersinar di piring, seperti habis kena fairy dust-nya Tinker Bell. Gw liatnya bling-bling gitu. Tapi tentu aja telornya gak terbang.

I'm so Proud (T^T)


Tapi rasanya gw ga bakal kenyang kalo cuma segini. Oke! Gw buat 1 lagi, sekalian nambahi skill dan sekonyong-konyong bisa have fun mbolak-mbalik-in telur dadar. Cihuyy, gw punya mainan baru~
(Halah, telor tok lebay)

Hugh...

Di tengah permainan "sirkus telor dadar terbang" gw tiba-tiba kebelet pipis. Gw taruh pancinya dan segera ngacir ke toilet sebelum terlambat. Gak lucu banget gw ngompol di dapur, tiba-tiba penghuni kos lain pergokin gw.
Penghuni laen : (Bengong, Shock liat selangkangan celana gw basah 
Gw : "ehh, ndak.. anu, ini teh yang tumpah" 
Penghuni laen : "Teh kok baunya pesing gini?" 
Gw : "ehh, anu... ini kantung teh-nya gw mungut di septic tank"
Penghuni laen : "Udah tau dari sepiteng masih lu minum?"
Gw : "ehh, mmm... gw liat di google katanya minum teh gini bisa tambah pinter"
Penghuni laen : "Oh ya? Kalo gitu bagi dong"
*Trus kita bareng-bareng ngepel lantai. 
HIYEK! JIJAY POL! Gak lucu banget! Gini nih akibatnya terlalu sering pake mbah Google.

Oke, gw makin ngaco, kalian gak diare mendadak kan? Kan udah ada peringatan di paling atas, kalo muntah di laptop/komputer sendiri gw gak tanggung jawab.

Kembali ke posisi gw yang lagi pipis... HEGH! Ternyata perut gw makin bermasalah, dari pipis jadi mau buang "air yang lebih besar". Setelah ritual pembersihan batin selesai gw balik ke dapur.

FFFFFUUUUUUUU!!!!!!


Gw taruh panci tapi lupa matiin kompor! Untungnya gak kebakaran... tapi....


Ini..... alien dari Uranus?

Untungnya gw masak dengan api kecil, kalo ngga bakal ada pesta kembang api di dapur kosan.
Gw mau buang, tapi berhubung gw orang yang sangat memegang teguh nilai kehematan, gw coba cicipin...


Dinner Nightmare!
Hmmm.... setelah satu gigit, gw langsung balik ke toilet, muntah.
Akhirnya persetan dengan nilai kehematan, kalo gw sakit perut tetep aja keluar duit buat beli Milanta.



Keesokan harinya, gw gak kapok masak lagi, gw ambil pelajaran kemaren. Pastikan sudah boker sebelum bikin makan malem.

Akhirnya gw masak dengan sungguh-sungguh, hari ini gw mau makan mewah! Yeah! semua bahan yang gw beli gw keluarin, telur 2 biji, keju diparut seadanya, ayam nugget potong kecil-kecil. Gw bakal masak Omelet keju dengan potongan ayam krispi.

Dan hasilnya sangat sangat sangat memuaskan! :D


True Masterpiece!




Epilogue

Yup, kalo ini game the Sims, cooking skill gw bakal nambah 1 poin. dari -8 jadi -7.
Dari kejadian ini gw bisa dapet banyak pelajaran
  1. Jangan terlalu cepet puas.
  2. Jangan cepet nyerah.
  3. Jangan kapok kalo gagal.
  4. Hati-hati main sama api.
  5. Telor di grosiran lebih murah daripada di Indomaret ato Alfamart.
  6. Minyak goreng Sania lebih mahal daripada Bimoli.
  7. Belanja 30 rebu, kasi duit 50 rebu, kembalian 20 rebu.
  8. Goblok jangan kebangetan.


Haha, tapi sumpah tumben gw bisa bikin makanan enak. Moga-moga bisa di review pak Jie. (ngarep)
Siapa itu pak Jie? Dia blogger Indonesia yang udah menangin seubrek lomba dan dapet seubrek penghargaan. Dan kebetulan dia yang ngajar mata kuliah E2 gw, cekidot, orangnya keren banget lho :D

Pak jie, kalo baca blog ini jangan ilfeel ya, bapak udah sekelas sama orang abnormal selama 1 semester...

Ok, it's www.inijie.com everyone!

Bonus;
Cuma sekedar coret-coret buat ngingeti kejadian lusa lalu... Ooh, pengalaman yang mengerikan. but everything worth the try.





Secret Pop Quiz!

Di postingan ini ada sebuah kesalahan, bisa nebak gak?
Hint : (Sebenernya gw gak bego-bego banget masaknya)
Kalo bisa nebak gw kasi pulsa gratisan!
Kasi tw aja nomer yang mw gw isiin pulsa, add aja FB gw.
(tenang aja, gw gak nyebarin nomernya kok, suwerrr)

Mumpung gw lagi banyak duit dan gw juga banyak dosa,
sekali-sekali traktir pulsa gapapa lah, hahaha.

PS : congrants kalo ada yang nemu secret note ini, dan gw ga kasi tau nominal pulsanya berapa ya >:D
PSS : yang bisa ambil pop quiz ini cuma orang diluar anak UC! >:D
PSSS : gw cuma bagi pulsa ke 1 orang pertama yg bisa nebak dan ngasi tw gw via Twitter~

PSSSS : Keputusan gw ga bisa diganggu gugat. Muhahaha!

15 komentar:

koskakiungu mengatakan...

ahha..saya gk ngantuk bacanya..
eh emang ada larangan buat ngunyah yah?*sambil ngunyah Ritz* =.='(berarti positif ngantuk!)

hati-hati pake masako/sasa/ajinomoto itu banyak GSM nya, eh MSG nya.. *eh??

Rumus dari Koskakiungu:
((CPM=S2i))

ket:cowok pinter masak=seksi

^^v

Inez mengatakan...

I...itu.. itu dendeng.. kan? Itu bukan telor dadar.. O_O
ITU DENDENG SAPIII!!!

Btw, lu makan nugget pake kecap???

Jiewa @ INIJIE mengatakan...

Wakakakka... sumpah bro.. blog post loe "cacad" abisss...
Aku aja mau belajar masak ga sempet2, salut deh dengan keberanian kamu mencoba.
Kalo dah berhasil, call me yah buat makan enak ^^

Unknown mengatakan...

@kaoskakiungu

Aku suka Ritz! Tapi gak suka makan biskuit (asli ngantuk juga)

Hahaha, brarti gw seksi bo! (banci salon style)
wkwkwkw, arigato gosengmas!

@Inez

AH! kalo ini acara "who wants to be a millionaire" kmu udah jawab semua pertanyaan.
Masalahnya, kmu ada twitter dan tau twitterku gak? hahaha

@PAK JIEE!

WOW! Beneran dibaca sma pak jie! aduh, saya jadi malu~ hahaha, makasih bnyk ya pak :D

Inez mengatakan...

Twitter ada sih... tp super terlantar. Ga terlalu suka krn berantakan. Klo fb kan lbh terorganisir..

Inez mengatakan...

OH ASTAGAAAAA!!!!

YA AMPUN! GW LEMOT BGT YA! HUAHAHAHAHA!!!

Jadi gw menang nih? Aseeeek!!! Murah hati sekali anda..

pratiwihputri mengatakan...

meeeen, tenang gue juga salah satu orang yang selalu gagal kalo masak. entah itu gosong, hambar, keasinan, dll.
hahahaha..
daaaaaaaaan.. gue doyan oreo, sangaaaat :D

Aul Howler's Blog mengatakan...

GYAHAHAHA


GYAHAHAHAHAHHA



GYAHAHAHAHHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA



Aduh. Ini bang devlin setres parah.

Btw Aul juga nonton acara masak2 lho.

Tiap jum'at sama minggu.
ngefans sama kak Farah Quinn.

Tau dooong...??


Hehe...


hadeeh...
pengen ke toilet abis baca ini.

tanggung jawab bang dev!

('_')

The Chicken Wants To Swim mengatakan...

wkwkwk, kodep, blogmu semakin keren aja!

aku ketawa pas liat telur berkumis, wkwkwk, pake ditandatanganin satu2, koko emng temen kos yang demit!

telurnya kayak lelehan blackforest kok ko, nggak jelek-jelek amat.

untung koko ndak mati... hahaha

Chici mengatakan...

Hihi untung kamu masaknya buat dimakan sendiri dev, kalo buat orang sih mereka jg bakal nggak tega makannya yg item ituh, hehehe....

Uwaaaa aku suka ama telur yang kamu corat coret itu dev (>o<)/

Putri Baiti Hamzah mengatakan...

huahahhaha...mantappplahhh

walopun agak-agak biasa masakannya,tapi kalo masaknya penuh cerita gini,jadi lucu....hihihihi

신은지 mengatakan...

sitdud. telor bisa brubah jd dendeng sapi

@mxdhan mengatakan...

hahaha apa itu.. kok semacam benda yang jatoh dari tingkat 20. haha
gosong habis ah, kebangetan :D

Alexilicious mengatakan...

Um, dev. Kirain itu dendeng. Hahaha..
Ayo masak2 bareng!! Selain kursus main PS mending masak juga ae. Wkakakaka..XP
Sempak soro iki bacaane. Ketawa dw mbe inget tuampangmu. GAK banget. Lol..

Kamal Hayat mengatakan...

Paling ku suka filmnya doraemon..hehe