Iklan

Selasa, 21 Juni 2011

Historie de' Jogja (Part I)

Prologue

Kamis, 19 Mei 2011. (Pas libur tenang sebelum UAS.)

Tempat tidur kamar kos gw terasa lebih sempit.
Oh, 2 orang cecunguk, Edwin dan Agus nginep. Besok subuh kita musti ke kampus, naik bus dan berangkat ke Jogja. Mereka nginep di kos gw soalnya kos gw lumayan deket sama kampus.
Ahh... apa jadinya mereka tanpa diriku.


Gak sempet mandi, gak sempet boker


Gw lupa HP gw ato HP si Agus yang bunyi jam setengah 5 itu. Tapi kita yang nggak menjunjung tinggi budaya "jam karet" langsung bangun dan kemas barang, pagi-pagi udah udah kebut-kebutan. Untungnya bukan perumahan di kampung gw, orang-orang bakal buka jendela dan sudah pasang aba-aba buat ngelempar sabit.
Suasana pagi gak pernah seindah ini selama gw di Surabaya. Sepoi angin pagi membelai wajah yang masih agak ngantuk, kicauan burung merembes masuk telinga yang sudah kesumpel tai kuping, sinar mentari menyangkut di rambut yang belum tersentuh shampoo.

Sepeda motor gw titip di kos Fandi, kosnya cuma beberapa meter dari kampus soalnya. Trus kita jalan kaki, ngelewati kos Morin dan Concon. Waktu itu gw belum belajar dari kesalahan, kayak pas pergi ke Batu beberapa bulan lalu, mereka paling semangat kemas-kemas barang. Jalan-jalan keluar kota cuma 2 hari bawaannya kayak mau berangkat perang. Karena gw orang baik dan peduli teman yang kesusahan gw tungguin aja 2 orang itu, bener aja, keluar-keluar si Morin bawa koper yang tingginya kurang-lebih se-adek gw. Waktu itu bawaan gw cuma 1 tas ransel isi beberapa baju, celana dan sempak berlebih. Tambahan minyak kayu putih sama sandal jepit doang. Entah gw yang terlalu simple ato 2 orang ini lagi latihan buat minggat.

Bus sudah nunggu di jalan depan kampus. Kalo ga salah kita berangkat 7:30 WIB.
Makan pagi di bus.
Jadwal kita hari pertama ke Candi Ceto sama Candi Sukuh (belum nyampe jogja), malemnya nyampe di Jogja trus kita makan Gudeg. Trus lanjut jalan ke hotel.

Day I : Candi Ceto & Candi Sukuh & Gudeg!


Sebenernya kita ke Jogja ini dalam rangka jalan-jalan sekaligus UAS matkul "History", jadi kita dibagi jadi beberapa kelompok, trus kelompok-kelompok itu diundi bakal dapet candi apa. Masing-masing kelompok bakal presentasi tentang candi yang mereka dapet. Kelompok gw dapet Candi Plaosan, tapi kita bakal kesana hari ketiga.


Candi Ceto ini terletak jauh diatas gunung, kira-kira 1400 meter diatas permukaan laut. Bus kita terlalu besar buat jalan keatas, lagian jalannya kecil dan belokannya tajem2. Kita harus jalan lebih dari 25 km, melewati beberapa jurang curam, menghalau sapi-sapi liar yang boker sembarangan dan menyebrangi jembatan kayu yang sudah rapuh. Tapi karena teknologi udah canggih kita numpang bemo gunung (?) Pemandangannya keren, tapi temen gw ada yg malah masang muka sedih. Mungkin dia keinget sama temen-temennya di gunung kampung halamannya. Oh, kalo gak salah nama temen baeknya Sung. Lengkapnya Sungokong.


Nganggur banget ngobrol sama rumput.

Candi Ceto banyak patung-patung yang bentuknya "18++", jadi gw ga masukin fotonya. Candi Ceto banyak patung dan relik yang melambangkan "kesuburan". Trus candinya ada 13 tingkat, sayang orang jaman dulu belum tau cara bikin Lift, jadinya kita semua naik tangga. Sebagai gantinya gw kasi liat foto orang-orang ganteng yang kebetulan lewat sana.


Candi Sukuh gak gitu jauh dari Candi Ceto, tapi Candi Sukuh lebih kecil dan gada yang menarik. Ceritanya disana ada sumber air yang airnya bisa bikin awet muda. Tapi gw gak percaya, boro-boro awet muda, toilet disana aja udah bau tanah.

Setelah kelompok Candi Sukuh selesai presentasi kita turun gunung dan lanjut ke agenda berikutnya ; makan malem Gudeg Sagan!

Di bus gw tiduran, jadi begitu bangun tau-tau udah malem dan didepan gw ada restoran terbuka dengan alunan musik jalan Jogja dan tentunya bau makanan enak.
Gw lupa nama restorannya, tapi katanya emang restoran terkenal di Jogja dan menu spesialnya gudeg. Ayamnya ayam kampung pemirsa! Trus kuahnya mantep banget, campuran rempah-rempahnya kerasa banget! Tapi sangat disayangkan kalo mau nambah musti pake duit sendiri. ckckck



Puas nampung Gudeg di lambung, kita lanjut jalan ke Hotel.
Waktu itu nyampenya malem banget, jadi kita cuma bagi kamar, ngerumpi bentar dan balik ke alam mimpi.

Day II : Amazing Museum & Amazing Lake

Kira-kira jam 9 pagi kita nyampe di Museum Dr. Oei Hong Djien. Museum Dr. Oei ini bukan sembarang museum. Katanya gak semua orang bisa masuk sini, itupun kalo mau masuk minta izin-nya susah banget. Museumnya Dr. Oei gabung sama rumahnya. Koleksinya dari seniman2 Indonesia ternama. Koleksinya dari lukisan-lukisan bersejarah sampe patung-patung modern. Kukira museum cuma tempat nampung barang seni, kita cuma dateng, liat, pulang. Tapi suasana museum ini beda banget, museum tapi suasana kayak rumah sendiri. Kecuali kita ga boleh buka kulkas, nonton TV, dan disini gada Playstation3.




Puas megang-megang barang museum (gada tanda "dilarang nyentuh" soalnya. Ato gw yg ga liat?)
Sekarang kita berangkat ke Situs Dataran Tinggi Dieng.
Tumben di bus gw gak tidur, jadi makan siang lebih terasa. Biasanya pas makan siang masih dalam keadaan setengah tidur, jadi gw lupa udah makan apa aja. Kita naik bemo gunung lagi buat naik.




Sebelum kita jajah Kompleks Candi Arjuna, kita mampir di Kawah Telaga Warna yang juga termasuk di dalam situs dataran tinggi Dieng.
Disana cuma ada sejenis danau yang katanya bisa berubah warna, pas kesana danaunya warna ijo, mungkin kalo ada orang pipis disana pipisnya nyebar dan danaunya jadi warna kuning. Trus kalo kita buang sebungkus permen M&M yang warna warni mungkin danaunya berubah jadi Danau Alay.
Di dasar danaunya kayak ada keluar gelembung-gelembung gitu, katanya itu ada hubungannya sama gunung vulkanik. Jangan tanya gw, pas SMA jam Geografi itu jam tidur siang. Gw malah kira ikan disana bisa kentut dan menyebabkan gelembung-gelembung udara yang naik kepermukaan air. Pantes gw gak liat ada yang jualan ikan, mungkin ikannya gak laku karena "hobi"-nya yang gak berkepri-ikan-an.

Setelah cari beberapa spot enak buat foto bareng, kita lanjut ke kompleks candinya. Emang sih gw gak liat ada larangan berenang, tapi danaunya sepi, gada perahu, ikan-pun jarang. Gw sempet kepikiran kalo ada orang jatuh ke danau bakal ada reaksi radioaktif kimia yang bikin orang itu jadi makhluk lain kayak Swamp Monster, Mermaid/Merman, Kappa, ato bahkan jadi Squidward. Secara gak sengaja pas foto-foto kaki gw nyemplung ke air. Untung gw refleks dan megang tangan temen di depan gw (sayangnya temen cowok). Kaki kanan gw basah kuyup lengkap dengan sepatu dan kaos kakinya. Tapi gw tunggu lama kaki gw gak berubah jadi sirip ikan ato kaki gurita. Gw agak kecewa. Air tetaplah air, acara TV tetaplah acara TV, dan kenyataan tetaplah menyedihkan.


Puas foto-foto di danau, kita lanjut ke kompleks Candi Arjuna. Kelompok candi arjuna presentasi, setelah itu acara bebas. Kompleks candi arjuna ini luas banget. Konon disini tempat asal dongeng Arjuna yang disuru bikin 1000 candi dalam waktu semalem. Karena gw gak gitu percaya sama Jin, gw asumsikan Arjuna itu Ninja kelas atas yang bisa jurus membelah diri... oh, dia juga kenalannya Doraemon.


Ini bukan vandalism. Tapi tetap merusak.


Epilogue

Karena kalo digabung bakal panjang banget, gw bakal cerita hari 3&4 di Part II.
Di Bali karena udah kebawa suasana liburan, kecepatan ngeblog gw kurang, biasanya update 1 post cuma perlu waktu dari jam 6 sore sampe jam 11 malem, tapi post kali ini perlu 3 hari -_-')

Gw juga dalam waktu deket ini bakal jalan-jalan sama keluarga ke Palu & Makasar. Jadi untuk part 2 bakal agak lama gw updatenya.

Oh ya, posting kali ini disponsori oleh :

Hazel dan Cabe

Berkat keahlian tangan dan kamera kalian, gw bisa punya foto-foto bagus dan "menyalahgunakannya" >:D








15 komentar:

chici mengatakan...

Huuuaaa asiknya yg liburaaaaan, disambung ama pulang kampung lagiii....
*iri mode on

Ampun dah dev itu meteor gatelnya gayanya boleh juga, wkwkwk....

Oia Dev ada award buat kamu, diambil ya....
Ini linknya http://chicio.blogspot.com/2011/06/postingan-award-yang-tertunda.html

anasaratu mengatakan...

astagaaaa lama amat itu kak posting nya sampe 3 hari -.-

Asik banget nih yang bisa jalan2 keliling indonesia :D oke ditunggu part II nya yaa :D

Anonim mengatakan...

ngakak gw ngakak sampe nyebar tu iler,,.wkakakakak

MUTIA HAN mengatakan...

PART II NYA MANAAAAA????
*nyari-nyari sampe kolong wc*

auliavrikitiew mengatakan...

ngakak. kapan2 maen ke jogja lagi dong. disini banyak makanan enak ;)

[L]ain mengatakan...

elu nya yang mana nih?
seperti biasa, editannya nice!

sefira mengatakan...

mau ikut ke makassar dev :o

Riska mbem mengatakan...

sett dah. seru banget liburannyaaa!! aku masih ngelibet dirumah bwt persiapan daftar ulang kenaikan kelas! >.<

Ditunggu part II nya ^^

AkaneD'SiLa mengatakan...

huahaha kalo kesini gak akan berenti ketawa.. gokil..
seru bangetz..
ditunggu part2nya...

btw diorder diorder yok...
http://www.facebook.com/pages/AnaGajah-Clothing-kaos-oblong-khas-Lampung/224488810899816

Enno mengatakan...

hahaha...

aku cekakak cekikik baca post ini, mana foto2nya juga ancur2 gitu.. :))

nice posting, bro
oiyaaaa salam kenal :D

Inez mengatakan...

Hahahahaha! Rame banget ceritanya!
Setuju sm Mutia.. Part 2nya manaaa?!

Abis part 2 beres dan mungkin post ttg Palu & Makasar, bikin ini ya:

http://whatisartanyway.blogspot.com/2011/06/10-things-you-actually-shouldnt-know.html

Pe-er nih! XP
Ditunggu!

Brainless~ mengatakan...

@chici
wkwkwk, kita emng personil meteor garden, cuma versi gembel alih profesi jadi copet.
Thx awardnya btw :D

@Anasaratu
sep, makasiehh!

@anonim
makanya baca blog ini hrus pke masker, ato palingg ngga sambil ngemut pampers biar ilernya keserap

@Mutia
CARI LEBIH DALEM LAGII!! kwkwkwkwk

@auliapreketew
Wah, ada yg asli jogja, hahaha, okesep dah mbak, saya dateng anda traktir, beres!

@[L]angsing
gw yg rambut ga bisa dimodel, cuma punya baju ijo sama jaket buluk merk quicksilver palsu buat jalan2 tiap hari. *mirip mr.bean

@sefira
ayo sini, tiket bayar sndiri2 tapi, wkwkwk

@riska
seru dong, dimana ada saya disana ada kerusuhan

@Akane
Wow, lama gak kliatan jdi juragan baju mbak?

@Enno
klo gak ancur bukan gw nmanya, wkwkwkw

@Inez
Masih bnyk agenda2 yg pengen tak ketik. Sayang pantat saya gak rajin2. wkwkwkw

naokiharu44 mengatakan...

ehem.. sama2..
tp yg menyalahgunakan itu kamu loh.. bukan kami :P

Opi mengatakan...

hhahhaaa....gue baru denger tuh yang namanya Candi Ceto sama Candi Sukuh..

Wahh..di Candi Ceto banyak patung yang 18+ ?? waahh, napa kaga lu masukin aja ??? *mesum*

The Chicken Wants To Swim mengatakan...

wkwkwk, yang paling keren foto koko marahin anak sd ndablek itu, sama foto temen koko yang sok-sok galau, eh malah ndak jadi galau, wkwkwkwk

nasi kotaknya mewah nok, pas aku mos aja nasi kotaknya lauknya cuma 3 yang edible, sisanya kayak makanan dri luar angkasa. wkwkwk, begitu masuk ke perut langsung bikin kangen sama wc saking pedesnya, wkwk