Iklan

Rabu, 13 April 2011

World's Book Day

Eye Love Books.

Ada yang bilang gak kenal maka gak sayang. Ya emang bener sih, ga mungkin kan misalnya lagi ngantri di bank, didepan ada ibu-ibu gitu trus dari belakang main peluk trus cupika-cupiki. Kalo untung ya si ibu bakal shock dan kejang, pingsan trus dilariin ke rumah sakit, trus bisa nyerobot antrian, kalo nggak ya paling diusir satpam tok.

Trus apalah yang lebih baik buat ngenalin dunia kalo bukan dari buku. Dipikir-pikir sih dari TK sampe Kuliah yang namanya megang buku itu udah pasti, ilmu pengetahuan, lifestyle, kualitas mental, dan cara pandang kita itu sebenernya secara gak langsung dipengaruhin sama apa yang kita baca. Dibilang kutubuku, tapi masa depan cerah. Yang dah tua tapi suram pasti dulunya jarang megang buku. Kurang lebih sih. Di sekolah-pun kita wajib beli buku, walopun dulu gw banyakan minjem sih daripada belinya, hahaha. Tanpa buku, pelajaran yang masuk otak itu gw percaya pasti dikit banget.

Orang juga bilang, buku adalah jendela dunia. Gw orangnya rasional aja ya, gw gak gitu setuju sama kata jendelanya. Satu, buku sama jendela tu beda banget, kalo orang jaman dulu bikin buku bahan dasar kaca mah lain cerita. Dua, jendela itu bahasa inggrisnya Window, jaman udah modern banget, yang pas jadi 'jendela dunia' tu sekarang ya Window itu sendiri, mudeng gak? Internet Explorer, Mozilla, Google Chrome, dan kawan-kawan.

Oke, karena jendela dunia udah diambil alih sama buatannya mas Bill Gates, gw bilang buku itu "Pemanis Hidup". Tapi internet sama buku ya ga beda-beda banget sih, dari keduanya kita sama-sama bisa dapet sesuatu,
Internet bisa dipake main game, ada buku yang bahas sampe 'bikin' game sendiri.
Di internet bisa nonton video, ada yang namanya buku 'pop-up'.
Di internet kita bisa chatting sama temen, ada yang namanya 'yellow pages'
Internet gak bisa dipake kalo koneksi mati, buku gak bisa dipake kalo mati lampu malem-malem, dengan catetan batere senter abis dan lupa beli lilin.

Kalo orang ngomong buku, bukan sebatas buku pelajaran sekolahan, ada novel, komik, ensiklopedi, dll. Ruang lingkup 'buku' itu luas banget, anak kecil yang masih punya imajinasi liar ada buku cerita fantasi anak-anak. Anak remaja yang lagi musimnya puber sama nyari pacar itu juga ada buku-buku tips remaja sehat, buku-buku teenlit, dll. Buat yang lebih tua gitu biasanya nyari buku motivasi, yang best seller gitu biasanya. Untuk anak gamer gitu ada buku yang bahas tentang perkembangan dunia game. Untuk anak motor ato mobil gitu juga ada buku dan majalah yang ngebahas seputar komunitas mereka. Bahkan anak blogger-pun punya bukunya sendiri, kayak yg gw liat di toko buku kemaren-kemaren ini ada buku panduan pemula di dunia blog, kita bahkan punya KambingJantan yang katanya sebelum tenar malah dibeli anak-anak peternakan.

Pointnya itu, mau semuda apapun, mau setua apapun, mau dari komunitas apa, stereotype apa, buku itu bisa jadi 'pemanis hidup' kita. Buku bahkan bisa bikin ketawa, bikin tegang, bikin nangis, bahkan bisa bikin semangat maupun depresi.

Segitu penting dan kuatnya makna 'buku' di hidup kita ini, jadi apa ada alasan yang bagus buat nggak mencintai buku? Cinta sama pacar aja bisa masa sama benda mati susah amat, ckckck.


So!


Beberapa hari yang lalu, pagi-pagi masuk kampus, masuk lift, gw liat poster yang norak ini mejeng disebelah poster kiosk makanan yang baru buka di UC Apartment. Ya gw pertama liat yang makanan dulu dong. Sebenernya menurut gw posternya ini rada berantakan, kesan pertama begitu liat poster ini itu kayak pengumuman ada seminar bisnis gitu, gw liat baik-baik, halah, ada bazaar buku. 25% off pula.



Akhirnya gw tau kalo yang bikin posternya ini si Dustin, temen sekelas gw, wew, hebatnya ternyata urusan advertising dia yang ngatur.
Temen gw beberapa ada yang mau ikut lomba puzzle, jadi gw ada temen pergi ke book fairnya.  

Book fair ini ada di lantai 7 kampus gw, mulai dari hari senin sampe jumat besok. Isinya ya..... yang ada hubungannya sama buku. Gw liat ada kurang lebih 5 stand buku, ada toko buku yang gw ga pernah denger juga , dan semua diskon 15-25%. Ada dari Gramedia, Erlangga, Periplus, Andi, sama Salemba 4. 

Bukunya juga lumayan banyak yang menarik, gw mau beli buku yang namanya "Green Design"di Periplus, sayangnya budget anak kos sama toko buku internasional tu gak bisa nyambung walopun ada diskon. Gw juga liat buku "Negeri 5 Menara" yang kebetulan beberapa hari lalu ada temen SMA gw minta diterjemahin sinopsisnya. Ada juga buku best seller yang "The Secret" gw tertarik pingin beli itu, dulu di kelas Entrepreneurship gw, dosennya pernah liatin sekilas tentang isi bukunya, gak gitu ngerti sih tapi ada hubungannya sama "Hukum ketertarikan"..... mbuh. Cuma gw baru inget temen gw Agus punya bukunya, dapet kiriman dari kokonya klo ga salah, so kenapa beli kalo bisa minjem? hahahahaha.

Selagi nunggu temen gw giliran lomba kita browsing-browsing benda kotak yang penuh huruf didalemnya itu. 

Dikira mau ngerampok pertamanya, ckckck

Mau keliatan pinter? Pake kacamata, kemana-mana bawa buku, hahaha

Gak niat baca, niatnya foto-foto. ckckck, temenku yg satu ini emang rada eror sih :D

Buku-pun bisa bikin muka kita kek Obama, keren kan! hahaha


Temen gw dapet giliran ronde 2, pas giliran temen gw, ternyata diundur, ronde 2 ternyata yg main puzzle dosen-dosennya, puzzlenya gak gede-gede amat sih, gambar pemandangan gitu klo ga salah. Tapi warnanya mirip-mirip, jadinya rada susah. Setau gw, paling cepet itu selesai dlm waktu 17 menit. Lumayan sih, menang dapet vocer buku 100 rebu, daftar gak bayar pula. (Sayang buku "Green Design" tu harganya 200-rebuan)
Sayang giliran temen gw diundur-undur mulu, ga tw kenapa, akhirnya gw pulang duluan soalnya ada banyak tugas. Ah, sayang banget...

Besoknya pas hari selasa itu gw juga gak sempet ke lantai 7 soalnya kuliah gw sampe agak sore jam 3an gitu, trus buru-buru pulang bikin tugas, biasa, anak kosan sejati, tugas H-1 semua, hahaha.

Besoknya ada movie review di ruang auditorium, tau kan? Ruang gede mirip bioskop yang beberapa bulan lalu ada acara Game-on itu. Film yg direview itu King's Speech, filmnya keren pol! Liat-liat internet itu film jarang yg dapet 5 stars, juga film ini nambahin rasa semangat, kepemimpinan gitu, trus filmnya juga nyeritain tentang persahabatan gitu, pokoknya bagus. Nonton film bagus gratisan? Kapan lagi??? Tapi sayang baru setengah jalan filmnya gw harus berhenti nonton, gw ada rapat acara bulan Apri depan sama, trus sorenya ada UKM choir, sabtu depan ini anak2 choir dapet diundang nyanyi di gereja, ada dosen nikah gitu katanya. 

Yang review filmnya itu pak Ir. Toni Antonio M. Eng, setiap ada acara, pak rektor ini pasti ngisi acara pembukaan, cara ngomongnya enak, friendly, dan lucu tapi kadang jayus. Harusnya review filmnya bakal asik! Sayang banget waktunya nabrak, huhuhuu... Btw M. Eng tu gelar apa ya? Master English? yah mungkin, mau ada tambahan nama M. Eng kayak pak Toni? Makanya banyak baca buku!


Ditunjukin buku bagus sama pak toni, cuma bisa nyengir, angguk-angguk bilang "buku bagus pak", padahal gak ngerti apa, buku tingkat M. Eng. Saya hanya mahasiswa pemula.

Terpaksa deh, nonton lagi di bioskop, huhuu, bulan ini gw boros bgt


Tuh buku "The Secret" disebelah buku yg "600+". Gw punya buku motivasi "Hypnotherapy"-nya pak Ardi Gunawan, tu buku biru paling eyecathing di tengah.



Epilogue


Di Book Fair ini juga ada lomba Blog, itu disuru bikin artikel sama ngeliput seputar acara ini. Ya ini entry gw :D
Ini pertama kali gw ikutan lomba jadi masih maklum lhaaa, trus jadwal lombanya ditengah-tengah minggu sibuk pula.
Gw juga rasanya bakal ga posting untuk bulan ini soalnya ada banyak urusan, anak VCD bentar lagi mau ke Jogja (mudah-mudahan jadi) bareng anak-anak Interior.

Wish me luck guys
And stay tuned :D

18 komentar:

agus mengatakan...

ha3x. aku punya buku the secret yang edisi the power itu. yang warnanya orange norak dan harganya 240rebe. gak anak kostiawi banget.
sukses bro buat lomba blognya. :)

The Chicken Wants To Swim mengatakan...

aahhh, bookfair!

di skolahku ga ada, yahh..

diliat dri pajangannya, bukunya berat semua... wkwk, itu di rak ada bukunya tung desem ya? (ada fotonya sih) , buku bgus, sayangnya aku ga bsia lngsung praktek wkwk

nice post ko, hehe
gud luck with the lomba :D

SnowinhelL mengatakan...

Books!!!
sayang ngga ada buku untuk anak desain di sana
=__=
sukses my far away broda

Dlo mengatakan...

hahaha..
lucu-lucuuu
mantap gan

(aku d puji juga soalx) hahahaha

Great.. bahasanya enak, gampang di mengerti.. ngena sama targetnya..
nice job bro

mau_Reen mengatakan...

kyaaa~ anda ternyata ng fans banget sama aq y~ banyak otoq xg dipajang...
wkwkwkwk~
sayang diskonnya kurang gede y dev...
kalo lbh gede pasti lbh asik...
sukses lombane y... ;)

chici mengatakan...

Hmmm bukunya lumayan berat-berat tuh kayaknya, tapi lumayan juga tuh diskonnya
*penggila diskon

Moga menangnya ya Dev buat lombanya (>o<)/

*waduh dev, sempat2nya senyam senyum gitu selagi pak Toni ngejelasin gitu :p

Steve Samuel mengatakan...

Wah, isi bukunya berat nih sesuai sama berat bukunya hahahaha...

aku sih ga suka baca buku, tapi kalo ada buku tentang fotografi boleh juga.. :P

Good luck ya dev buat lombanya.. :)

Metta mengatakan...

mw buku'a ko? culik aja, blng mw tak promosiin ama tmn" biar laku awkwkawk .

sukses buat lomba'a ya ko cap :D

asa mengatakan...

ebook termasuk buku kah? :O

Brainless~ mengatakan...

@agus
ya maka itu pinjem ntar, hahahaha

@ayamberenang
ini juga prtama kli ikut acara bginian, hoho
msa buku berat sih? pdahal gda 4 kiloan, wkwkwk

@snowie
ada kooook, itu satu nemu yg Green Desin tu, cuman muahal

@Dlo
sep sep, thanks mamen :D

@morin
wkkwkwkw, sayang ya puzzlenya~

@chici
Iya dong, aku kn emng murah senyum, wkwkwkwk
thanks yaa :)

@steve
haha, bukumu bukan buku berat, tpi buku berkelas, wkwkwkwk

@Metta
kmu dluan nae met, klo sukses bru ikutan saya, wkwkwkw

@aSa
ebook?
jelas lha yg namanya book kn artinya buku, gmn seh, hahaha

charlotte junevia suny mengatakan...

Nice, nice, nice!!!>,<
Belajar jd anak rajin ya Plin~

Dude with nuke mengatakan...

Hah, BookAfair, kaya Selingkuhan buku gitu :P

Ha buku emang keren, Listrik mampus buku masih ada, plus kalo bawa buku tebel , sampulnya kek Ada motif motif "ancient" gitu, keliatan kek Penyihir keren gitu :D

Masalah buku, semahal apa gw berani beli (Ok jangan aja lebih dari 500rb)
Belum merasakan siksanya anak Kost :P

Well good luck with your bookafair
Oh yeah, if in doubt, Nuke it

levya mengatakan...

hi deplin... waaa blog mu keren ya... btw, kq nm buku yg km sebut eyecatching tuh aq agak kenal ya... ?? hahaaa... dr dulu aq da kagum berat sm karya2mu loo plin !!! smgt ya!! kluarin smua ide2 lcu, tengal, kreatif n ajaib itu!! hahaaa... u can do it!!! keep it up!! ;) cheers!

Mhicya Utami Ramadhani mengatakan...

waaah kayaknya asiiik :)) jadi pengen ikut acara2 kayak gitu jugaaa :))

nice post gan! :D

florencia mengatakan...

love ur blog,, dev..
can't help but laugh.. :)
jadi pengen beli buku,, mengingat buku itu windows.. tapi donlod ebook ae wes,, klo ga pinjem ae sperti usulmu.. :p
good luck,, dev !!

nomorsepuluh mengatakan...

hahhahaha goodluck ya kaakk buat lomba nya :D
semoga menang, terus bisa beli buku yg 200 ribuan itu :p
hehehe

SkeitH李 mengatakan...

wew.... aku g sempet mampir ke sana mah.. selasa-skrg.... dying...
obama tu yg bikin ngakak.. wkwkwkwk

sav_viie mengatakan...

hahahahha..
crewweett km ..
mlz ak bcaa.,hha

tp bgus loch ..

kykx km msti srink" k stand buku dech ..
biar bsa ngalahn si pak toni yg nunjukn bku tak brmutu..hahahaha

nicee .. :D