Iklan

Jumat, 31 Desember 2010

Good Stuff

Setelah bosen buat dosa dan di-iming-imingi ramalan 2012, akhirnya gw ikut bakti sosial di Surabaya
Aslinya ni acara udah jauuuh, September lalu gitu.

Tapi karena ini event spesial makanya gw ceritain ini pas taon baru
(halah gombal, bilang males aja susah banget)


Oke, gw cerita dari awal dulu, ini terjadi jauuuuh sebelum hari baksos....

Pada suatu hari....


Hari senin, mata kuliah GE (General English), dosenku, sebut aja Ms. Semangka, seperti biasa di depan kelas nyanyi nina bobo pake bahasa inggris, tapi klo muridnya tidur malah marah. Tiba-tiba si Semangka idup itu nyuru kita pindah ke kelas sebelah, kelasnya Mr. Vincent. Pertama gw bingung, gada gempa, gda kebakaran kenapa harus gabung kelas? Mungkin sudah musin Duren, jadi semua Semangka udah ga laku.

Dosen kelas sebelah ini di luar dugaan sangat populer. Sabuk hitam karate, cara ngajarnya enak, pinter bahasa inggris pula! (Kalo pinter spanyol mah gw salah masuk kampus artinya)
Setelah setengah jam di kelasnya Mr.Vincent, ternyata dia cuma ngasi tau kalo dia punya acara rutin tiap tahun gitu, ngajakin baksos ke anak-anak angkatan baru di kampus gw. Terutama anak-anak Intermediate.
GE di kampus gw dibagi 2, 1-nya Intermediate, 1-nya Pre-intermediate, FYI.

Awalnya gw ga gitu tertarik baksos soalnya gada hubungannya sama makan bakso (plis deh)


Pada suatu malam....


Pintu kamar kos gw bunyi, gw buka, jantungan.
Tetangga gw yang baik hati tapi punya alis menyeramkan, Wawan, berdiri di depan kamar gw dengan wajah memelas.

"Dev, makan malem yuk"

Gw langsung pegang dahinya. "Kepalamu nyungsep di kloset lagi wan? Tumben"


"Udah, ikut aja, gw traktir!"


Tanpa pikir panjang-pun gw ikut, padahal udah makan "Wan, sering-sering nyungsep ya"


Masuk mobil, gw kira langsung ngacir ke G-Walk, kan tempat makan paling deket disana. Gw tanya mau kemana, Wawan bilang mau jemput Dustin sma Harvey di rumah temennya, si Wehan

Begitu sampe di depan rumah Wehan.... tunggu dulu, kenapa banyak mobil? Perasaan gw ga enak.
Masuk ke dalem, di ruang tamu ukuran XXXL banyak orang duduk, kebanyakan anak-anak jurusan IBM, yang gw kenal cuma Dustin, Harvey sama Ruth, temen-temen 1 jurusan. Di kerumunan itu gw liat Mr. Vincent.

Rapat baksos, halah, gw dengan polosnya masuk perangkap Wawan.
Pas rapat, gw cuma bisa bengong, dan menatap sekotak donat J.Co di tengah kerumunan.

Gw pun kenalan dengan beberapa orang yang ada disana.
Gw lupa detailnya gimana tapi gw masuk jadi salah satu pengurus baksos.
Yaaaahhh, gapapa lah, sekali-sekali berbuat sesuatu yang ga ngerusak.

Beberapa Minggu Kemudian....


Akhirnya H-1 ada rapat terakhir di rumah Wehan.
Oh, anak VCD juga tambah banyak, ada Agus, Edwin, Maureen, Sintya, Hazel, Cabe.

Acaranya ntar tu kita bakal bagi-bagi bingkisan ke Tropodo, Liponsos, Kembang Kuning.
Tropodo itu panti asuhan untuk anak2 cacat dan lansia.
Liponsis itu asrama anak-anak kelainan mental, punya pemerintah.
Kembang Kuning juga panti asuhan anak-anak yang tidak mampu, tempatnya di tengah2 kuburan.

Rapat H-1 ini kita bungkus2 bingkisan, wiiih, banyak banget bingkisannya, seumur hidup baru pertama gw liat bingkisan berisi snack-snack dan minuman kecil numpuk berkardus-kardus, capek sih, tapi yang kerja banyak, jadi tetep menyenangkan. Tapi gw dateng "agak" telat, gw dateng pas semuanya selesai dibungkus, jadi atmosfer capeknya kerasa, ikutan capek deh... (alasan macam apa itu?!)

Biar ada kerjaan, yang telat (Gw, Agus, Edwin) kebetulan pada "bisa" gambar. Disuru bikin satu gambaran hitam putih, biar entar diwarnain sama anak-anak yang ada di Liponsos. Gw-pun ngambar diluar style gw (ceilah), gambar sesuatu yang lucu buat anak-anak. Aslinya gw mau gambar "adegan" Ariel Piterpon sama Britney Spear.

Tapi gw berubah pikiran karena gw ga bisa gambar adegan orang ngupil pake jempol orang lain. Lagian acara baksos itu buat ngasi "semangat hidup", bukan "kesempatan buat bunuh diri".

Akhirnya gw gambar 2 ekor Panda berpelukan, dikelilingi rumput dan bunga dan burung dan kelinci dan kucing dan kupu-kupu. diatasnya ada matahari lagi senyum dengan beberapa kepal awan, semua wajah binatangnya juga lagi senyum dan hepi, berharap anak-anak yg warnain ntar bakal ikutan senyum....... HWEK CWIH!!

Edwin gambar Orang sama Kucingnya jalan-jalan di taman. (Orangnya sipit, dasar cina)
Agus gambar keluarga Kucing lagi makan ikan dan main bola. (dasar maniak kucing)

Hari Eksekusi


First Stop! Tropodo! Panti untuk anak-anak cacat dan lansia.
Ok, ini pertama kalinya gw ikutan acara beginian, tapi gw seneng bisa ikut, liatin anak2 yang "kurang beruntung" tapi masih punya semangat buat jalani hidup, ENJOII LAIFF! Oyehh!









Di Tropodo gw ketemu nenek GAUL. Walopun keluarganya pada ninggalin, si nenek bisa tetep beradaptasi dan sekarang semua oma opa disini jadi keluarga barunya, oh, si nenek bisa bahasa Indonesia, Jawa, Belanda, Jepang, Inggris, Cina dan Hokkian!




Second Stop! Liponsos!
tempat ini jadi MAIN COURSE acara baksos ini, soalnya ada acara mewarnai *uhukuhuk gambarku uhuk*, trus kita makan siang disini, dan main kejar-kejaran sama kambing rabies!


Sebelum kesini gw dikasi tau kalo anak-anak Liponsos mengidap penyakit mental, trus katanya mereka jadi "bibit super" dan ini milik pemerintah

Yang pertama kali melintas di pikiranku? X-MEN!
Anak-anak disini bisa menghilang, keluarin laser dari gigi mereka, bisa bengkokin mata pake sendok, bisa terbang, bisa keluarin gas beracun lewat pantat, dll.

Oke, gw masih terlalu naif dan lugu.

Anak-anak Liponsos cuma kelainan mental, jadi kalo ngomong rada ga jelas, matanya juling, mulutnya bengkok, dll, tapi mereka aktif dan nurut, *WOW*
Mereka masih semangat, kita baru dateng gw cuma liat taman luas yg kosong, tiba2 dari arah jam 11 lari anak-anak sekampung pake kopiah dan kostum ala jojon. Maaak, kita kena HIV. Mereka dengan sangat antusias menyambut kedatangan kita, wiiih, diajak salaman, cupika cupiki, ada juga anak yg pinter cuma mau salaman sama cewek (dasar. gw jadi iri)

*Singkat Cerita*

Acara makan siaaaang!

*Singkat Acara*

Sekarang waktunya lomba mewarnai yang menang entah dapet apa, foto sama gw paling (ohoho)
Yah, namanya anak kelainan mental, semua peserta baksos bantuin ngawasin anak-anak yang mewarnai biar gak berebut, sekalian ngajari ini warna ini itu warna itu.
Bener aja, gw orangnya gak sabaran dan memegang teguh nilai kerapian.
Susah-susah gw gambar itu 2 Panda pelukan, diwarnain KUNING! PANDA WARNA KUNING! GENIUS! Trus gw liat gambarnya agus, kucingnya bisa belang-belang warna pelangi, HAHAHAHA, kucing apaan tuh?! Kucing salah makan, jadi kena flu burung.








Last Stop! Kembang Kuning!
Ini nih, acara yang paling seru, tempatnya udah di tengah kuburan, anak-anaknya paling rame pula

Anak-anak di kembang kuning ngga cacat, cuma panti asuhan biasa.
Disana, kita nyanyi-nyanyi (soalnya udah ga kepikiran mau bikin acara apa) yang main gitar si Dustin, trus entah kenapa mendadak Dangdut.





Hari itu gw belajar banyak hal.
Mulai dari rata-rata harga bingkisan buat ultah sampe makan bakso di pinggir jalan lebih murah dari makan di McD.

Gw juga belajar kalo orang cacat sama anak panti asuhan ga butuh belas kasihan, yang mereka perlu cuma kesempatan dan diterima layaknya orang normal. Lebih normal jadi orang cacat ketimbang jadi orang normal tapi bertindak cacat. (halah, mendadak kiai)

Oh, pelajaran yang paling penting : Kalo gada duit buat dugem, mending bangun panti asuhan di tengah kuburan.

6 komentar:

Great monk mengatakan...

Hahaha
istilah panti asuhan=anak2 berkekuatan super kocak..

tyas mengatakan...

huahahahaha...
dapet pikiran dari mana tu anak cacat mental kayak x-men...

The Chicken Wants To Swim mengatakan...

wkwkwk
ko devlin, makin keren aja blogmu ko~

huakakak
sumpah aku ngakak pas baca hip-hop genius sama penari latar tu
wkwkwkwk

wkwk, postingan koko ini mengingatkan aku sama adikku :))

wkwkwk

Brainless~ mengatakan...

@ Monk
hahaha, calon2 pemain sirkus nasional

@ Tyas
hmmm.... Otakku emang rumit dan kompleks, "everything can happen"
lol

@ Rarra
Berterima kasihlah sama adikmu, hahahha, tanpa dia hidupmu bakal memboasnkan :D

J O N K mengatakan...

wuanjiirrr, seru bro ... kapan dah gue bisa insaf terus ikutan baksos juga :D

AuL OwL mengatakan...

WOWWWW....

Kek nya asyik juga...

jadi ngiri nih bang....

(AUL MASIH SMAA....)

hehe